Nilai-Nilai dan Spirit Ramadhan bagi Internet Marketer

Diposting oleh hmcahyo on Sabtu, 13 Agustus 2011


Ditulis untuk guru Internet Marketing saya, Mr. Agus Setiawan The Realitor- yang melakukan gathering (buka bersama) dengan komunitas internet marketing Malang pada Jumat, 12 Agustus 2011 (12 Ramadhan 1432 H)

Banyak nilai-nilai Ramadhan yang sangat berguna bagi mereka yang menekuni internet marketing, ulasan singkat berikut adalah beberapa di antara nilai-nilai tersebut:
  1. FOKUS – bulan ramadhan mengajarkan kepada kita untuk senantiasa fokus dalam menjalankan semua amaliyah yang diwajibkan dan di sunnahkan selama ramadhan. Tujuan dari fokus kita dalam melaksanakan ibadah ramadhan adalah agar kita bisa meraih predikat muttaqin (orang yang bertaqwa). Dengan fokus terhadap tujuan dari di syariatkannya puasa ramadhan maka kita hendaknya tidak tergoda melakukan aktivitas yang menjauhkan kita dari tujuan kita melaksanakan puasa. Para suhu internet marketing selalu berusaha fokus, fokus dan fokus – Dalam istilah Mr. Agus The Realitor, dalam menjalankan internet marekting kita jangan sampe tergoda oleh Mo-Limo-nya internet, seperti bokep, browsing mp3, games dan sejenisnya.
  2. ISTIQOMAH atau KONSISTEN: dalam sebuah hadist Rasulullah s.a.w pernah bersabda bahwa amalan yang paling di sukai Allah adalah amalah yang sedikit tetapi dilaksanankan secara istiqomah / konsisten. Di bulan ramadhan ini, kita dilatih untuk melakukan segala amal kebajikan secara konsisten, seperti membiasakan membaca alquran, sholat tarawih, sedekah, dzikir dan seterusnya. Tujuan dari latihan tersebut agar nanti selepas ramadhan kita terbiasa dalam membaca al quran, sholat malam, sedekah dan yang lainnya. Begitulah, jika kita ingin sukses dalam menjalankan bisnis internet – maka sikap istiqomah – sangat dan mutlak dibutuhkan. Misalnya pelajaran yang kita dapat agar kita mendapatkan back-link dan di index oleh google, maka kita harus istiqomah secara periodik, melakukan blog-walking, masang iklan sehari 30 iklan, submit ke direktori, mengupdate konten dari blog, dan seterusnya. Adalah tidak dianjurkan sehari melakukan 500 iklan sekaligus kemudian berhenti selama sebulan, atau melakukan ping hanya sekali seumur hidup.
  3. PANTANG MENYERAH – seorang muslim yang baik, senantiasa menyadari bahwa iman yang ada di dalam hatinya yajiddu wayankus.. (naik dan turun) – oleh karenanya dia selalu menjaga agar setiap saat imannya stabil, disaat dia mengalami penurunan maka dia senantiasa mengimbanginya dengan berbuat kebaikan. Begitu terus – menerus sepanjang hayatnya, usaha itu dilakukan agar ketika dia terpuruk tidak sampai terlalu jauh sehingga susah untuk bangkit kembali. Sifat-sifat untuk senantiasa memperbaharui iman tersebut menjadikan seorang muslim sebagai pribadi yang pantang menyerah. Bulan ramadhan, adalah tempat training sebulan penuh untuk kita agar pantang menyerah dalam melakukan amal ibadah, kenapa? Karena Allah memberikan “stimulus” rangsangan bahwa semua amal ibadah kita pahalanya dilipat gandakan, oleh karenanya kita senantiasa berlomba-lomba untuk melakukan amal ibadah sebanyak-banyaknya tanpa putus asa, karena ada banyak sekali peluang amal sholih dan pintu-pintu pahala yang tersedia selama ramadhan. Di dalam dunia internet marketing sifat pantang menyerah dan tidak berputus asa ini sangat dominan sekali bagi mereka yang ingin sukses. Dia akan tidak mudah menyerah ketika banyak kompetitor yang menawarkan produk yang sama, tidak menyerah meski sudah berusaha tetapi belum ada order yang masuk, tidak berhenti berusaha meski situs atau blognya belum masuk halaman pertama google. Tidak menyerah dan selalu berusaha menemukan niche market yang banyak dicari orang tetapi rendah pesaingnya.
  4. NETWORKING – kata para ulama salah satu cara untuk menjaga kestabilan iman adalah berkumpul dengan orang yang sholih. Rasulullah s.a.w pernah bersabda bahwa seseorang itu bisa dilihat dari siapa temannya. Kalau dia berteman dengan orang penjual minyak wangi maka dia akan ketularan bau wanginya, begitu pula apabila dia bergaul dengan pandai besi maka dia akan terkena percikan apinya. Hadist tersebut secara implisit menyuruh kepada kita kalau kita pengin menjadi orang solih maka bergaul dengan orang solih. Dalam tataran yang lebih luas, kalau anda ingin sukses maka bergaullah dengan orang yang sukses, teori ini dalam bidang pengembangan kepribadian disebut networking alias membangun jejaring. Di dalam bulan ramadhan ini, dimana banyak orang berlomba-lomba melaksanakan banyak kebajikan – kondisi semacam ini tentu ini akan lebih memudahkan kita untuk berbuat baik pula. Misalnya sekarang pada banyak orang membaca al quran, maka kita paling tidak akan termotivasi dalam membaca quran juga. Hal yang sama juga berlaku jika anda menekuni bisnis internet, jika kita ingin berhasil maka carilah guru, teman dan komunitas yang mendukung kita untuk lebih bisa belajar dan berhasil dalam bisnis yang kita tekuni.
  5. BERBAGI – satu amaliyah yang sangat dianjurkan selama bulan ramadhan adalah bersedekah. Banyak fadhilah atau keutamaan apabila kita mau bersedekah, selain kita harta kita akan diganti dengan belipat ganda, bisa menjaga kita dari malapetaka, dan lain sebagainya. Di dalam bulan puasa terlebih lagi Allah memberikan “iming-iming” bahwa barang siapa mau memberikan makanan bagi seseorang yang untuk berbuka puasa maka akan mendapatkan pahala sebagaimana orang yang puasa tersebut. Saat itu ada sahabat yang bertanya bagaimana dengan mereka yang miskin dan tidak punya apa-apa, Rasulullah s.a.w menjawab bahwa dengan sebutir kurmapun itu juga merupakan bisa mempunyai pahala yang besar juga. Saudara sekalian, banyak orang sukses yang tidak pelit dalam membagikan ilmunya karena mereka berkeyakinan bahwa semakin ilmu disebarkan maka akan semakin baik dan tidak pernah akan mengurangi ilmunya, justru akan semakin memperkaya dan menambah kedalaman pemahaman dia akan ilmu tersebut. Dan yang terlebih penting lagi dengan berbagi ilmu tersebut akan membuat semakin memberikan berkah bagi ilmu yang dimilikinya. Para ulama mendefinisikan berkah dengan “bertambahnya kebaikan” – bertambah kebaikan ini bisa mencakup dimensi yang lebih luas, bisa bisnisnya semakin berkembang, usahanya semakin lancar, kesehatannya semakin dijaga Allah SWT sehingga dia bisa melakukan bisnis dengan baik. Salah seorang teman saya yang pengusaha pernah berkata, bahwa dia mempercayai bahwa satu hal yang membuat bisnisnya lancar adalah karena dia suka bersedekah dan menyantuni mereka yang berkekurangan. Dia bilang mungkin balasan dari Allah SWT bukan langsung berupa uang, tetapi kesehatan keluarganya yang menjadi relatif baik sehingga tidak mengganggu usahanya, mendapatkan order-order baru dan seterusnya.
Demikianlah sekilas nilai-nilai dan spirit ramadhan bagi pelaku internet marketing, mudah-mudahan bermanfaat.
Wallahu’alam

***
Gambar diambil dari sini