[Bisnis Online Pemula] # 6 Mulai Dari Mana?

Diposting oleh hmcahyo on Selasa, 12 Juli 2011


Baiklah setelah kita bahas tentang kebutuhan minimal bagi yang mau berbisnis online, yaitu komputer dan koneksi internet. Ada sedikit catatan bagi pebisnis online pemula, bahwa semua syarat tersebut hendaklah bukan dijadikan sebagai salah satu hambatan untuk memulianya. Ada banyak pebisnis online yang suskes memulai menjalankan usahanya dari sewa koneksi internet di warnet. Seperti Pak Agus Setiawan misalnya, awal mula menjalankan bisnisnya dia harus rela mencari “paket murah” di warnet dimana dia harus akses internet pada malam hari sampai dini hari (kurang lebih 5 jam) dengan hanya membayar 10 ribu rupiah. Begitu juga Mas Abdul Shomad pakar PTC juga memulai bisnisnya dari warnet, dan masih banyak lagi. Jadi kalau anda sudah mempunyai syarat minimal buat berbisnis online seperti yang saya sebutkan sebelumnya maka anda sudah mempunyai modal yang cukup.

Pertanyaan selanjutnya adalah, harus memulai dari mana? Atau saya harus menekuni bidang yang mana? Jualan barang kah? Atau bermain PTC (pay to click), PTR (pay to review) atau PPC (pay per click), PPL (pay per lead) atau bisnis afiliasi(affiliate marketing) ?

Untuk menjawab itu ada cukup anda tanyakan kepada diri anda pertanyaan berikut:

Apakah anda senang berhubungan dengan konsumen? Seperti melayani mereka, telaten menjelaskan produk anda, tidak terganggu kalo malam-malam ada yang SMS atau telepon, atau anda suka menjelajah mencari barang-barang yang layak dijual? Kalo seperti itu maka anda mungkin lebih pantas berjualan “barang riil” di internet, seperti saya jualan VCD atau sepatu bordir. Atau juga seperti sahabat kita Mas Akung Krisna yang jualan Siomay Online. Atau membuka jasa pembuatan blog, jasa desain rumah, jasa membuat desain pakain dan menjahitkannya dan masih banyak lagi.

Nah, kalau anda tidak suka ribet dan diganggu orang dengan SMS/Telepon, dan anda suka sekali menulis bermacam-macam topik atau bahkan topik khusus maka anda mungkin cocok di bisnis PTC, PTR, PPC, PPL atau affiliasi!

Tapi kalau anda masih juga belum yakin akan tentang diri anda, ada baiknya anda segera menuliskan beberapa “kelebihan” dan peluang yang anda punyai. Silahkan luangkan waktu untuk curah gagasan (brain storming) tentang potensi anda:

Misalnya:
  • saya suka menjalin persahabatan,
  • saya punya kenalan produsen busana muslim,
  • saya punya kenalan teman yang pandai ndesain pakaian,
  • saya pinter memasak,
  • adik ipar saya pengerajin souvenir pernikahan dari bahan daur ulang
  • tetangga saya adalah pembuat jamu tradisional yang terkenal,
  • om saya punya usaha bengkel,
  • mertua saya punya bisnis peternakan
  • saya suka menulis tentang pendidikan anak
  • saya suka mengkoleksi perangko bekas
  • adik saya pandai membuat kue coklat.
Dan seterusnya….

Yuk silahkan tuliskan semua potensi kita sebanyak-banyaknya dan sampai sekecil-kecilnya

Kalau sudah insyaAllah segera kita bahas bagaimana mencari peluang di internet sesuai dengan minat kita dengan memakai peralatan gratis yang di sediakan mbah Google yang sangat “powerful” yaitu Google Key Word Tool.