[Bisnis Online Pemula] # 5 : Memilih Koneksi Internet

Diposting oleh hmcahyo on Sabtu, 09 Juli 2011

Nah, dari penjelasan terdahulu maka saya berikan beberapa tips memilih koneksi internet.

Pertama, Lokasi anda tinggal. Cari tahu apa koneksi yang terbagus yang ada di wilayah anda, kalo perlu anda telepon itu masing-masing provider, suruh mendemokan di tempat anda. Ada pesan dari guru bisnis online saya, pak agus: Konsumen adalah Maha Raja, artinya ketika anda mau pasang koneksi internet, anda adalah maha raja, jadi berhak meminta mereka “presentasi di tempat” – jangan sampe seperti temen saya, sudah kadung beli modem dan langganan si flash, eh dua hampir 3 bulan ngadat nggak bisa pake karena sinyalnya putus nyambung! – ketika di komplen, temen saya malah di sodori salah satu pasal dalam klausul perjanjian pemakaian yang kurang lebih; bahwa provider tidak menjamin adanya koneksi internet yang stabil karena itu tergantung tempat dan kondisinya. Karuan saja temen saya langsug patah hati dan memutus kontrak saat itu juga di depan sang customer service.

Kedua, Pilihan paket – setahu saya, selain sapidi dan pleki-nyet, TIDAK ADA YANG BENAR-BENAR UNLIMITED – kata kenalan saya yang dari malaysia, unlimited-nya indonesia itu ada limitnya. Jadi jangan termakan iklan, karena setiap iklan selalu ada tanda asterisk (*) yang ditulis kecil sekali sehingga tidak kelihatan oleh mata yang isinya cukup singkat dan jelas, : SYARAT dan KETENTUAN berlaku. Jadi benar-benar perhatikan ini dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Ketiga, CDMA, GSM, ADSL, RT/RW-net atau bahkan “nembak”, ? ini sangat penting bagi anda yang hendak memilih layanan wireless (tanpa kabel). Kedua layanan tersebut tentu ada plus minusnya. Selain itu juga ada variannya. Sebut saja CDMA – ada yang CDMA generik – seperti plekinyet, fren, dan starone, esia wimode. CDMA yang generik ini kecepatannya rata-rata HARAP MAKLUM, kecuali anda ngenetnya dekat tower dari layanan yang anda pake. Sedangkan yang versi cepat ada AHA, SMART, layanan ini menggunakan layanan teknologi terkini yaitu EVDO atau 3G-nya CDMA selain keduanya konon akan ada PLEKI EVDO. Cuman biasnya yang EVDO ini benar-benar tergolong layanan mahal, makanya cari info sebanyak-banyaknya sebelum menentukan.

Adapun yang GSM, ada bertingkat-tingkat kecepatannya, mulai GPRS sampai 3 G. sayangnya sinyal 3 G biasanya hanya ada di kota-kota besar saja, sedangkan sisanya biasanya cuman GPRS – nah kalo dapetnya cuman GPRS, maka juga harap maklum kecepatan yang ansda dapatkan. Layanan ini biasanya diberikan oleh telkomflash, XL, Indosat M2 dan juga Axis, serta 3.

ADSL – koneksi jenis ini setahu saya – minimal di kota saya hanya dimiliki sapidi dari telkom seorang, katanya sih di kota-kota besar seperti Jakarta atu Surabaya ada yang lewat TV Kabel. Dulu memang kalo mau pasang sapidi, harus punya sambungan telepon, tetapi sekarang ada layanan tanpa punya sambungan telepon-pun anda bisa dapat layananan sapidi. Tentu dengan menambah ongkos pasang kabel.

RT/RW-net – layanan ini biasanya didapatkan di komplek perumahan, prinsipnya sama dengan ketika anda memakai layanan hot spot, jadi ada salah satu warga yang rumahnya atau bahkan fasilitas dari pengembang perumahan yang terdapat server atau pusat akses yang terhubung dengan penyedia layanan internet (ISP – internet service provider) kemudian membaginya dengan mereka yang ingin berlangganan. Dari informasi yang saya ketahui langganan dari RT/RW-net ini lumayan murah, salah satu teman saya hanya membayar 60 ribu perbulan dan sudah mendapatkan akses internet dengan kecepatan di rata-rata 100 kbps. Sungguh sangat memadai dan lumayan cepat dan terpenting lagi benar-benar unlimited. Hanya saja kelemahan RT/RW-net ini kita jadi tergantung sama server, seandainya servernya rusak atau terkena gangguan cuaca sehingga antenanya bermasalah, maka koneksi sekampung juga jadi bermasalah.

Akses nembak atawa bocoran alias colongan – anda pernah dengar antena wajan bolic? Ya itu sejenis antena yang dibuat dari wajan dan pipa paralon serta ada penangkap sinyal wifi . biasanya akses dari RT/RW-net juga pakai wajan bolic – kalau rentangan server dan penerimanya cukup jauh, tetapi wajan bolic ditempat saya lebih dikenal karena dibuat nembak sinyal hot spot yang sekarang ini banyak bertebaran terutama bagi mereka yang tinggal di sekitar kampus. Yang namanya nembak tentu saja gratis, cuman ya kadang ribet karena kadang harus pakai acara membobol pasword segala, tetapi biasanya anak-anak mahasiswa paling demen yang ginian ini.

Keempat, Modem. Ketika anda sudah tahu lokasi, paket layanan dan jenis koneksi yang anda pakai – langkah yang berikutnya – terutama bagi yang hendak memakai wireles connection dari penyedia layanan resmi – adalah memilih modem. Nah dalam memilih modem yang paling penting ada dua. Yaitu yang locked alias dikunci – biasanya ketika membeli paket layanan internet dari provider tertentu yang disertai modem. Nah yang locked ini – modemnya gak bisa dipakai untuk kartu lain. Misalnya bundel dengan plekinyet maka tidak bisa dipakai starone, esia atau lainnya. Makanya beli saja yang generik alias bisa diganti kartunya sesuai tempat dan kondisi yang anda inginkan.

Pertimbangan lain yang ketika memilih koneksi CDMA – yaitu apakah koneksinya yang standar atau yang EVDO, jenis koneksi ini juga membutuhkan modem yang berbeda. Tetapi untungnya banyak produsen modem dari cina yang membuat modem hybrid, artinya bisa dipakai mulai CDMA yang biasa hingga yang EDVO. Oleh karenanya saran terbaik adalah belilah modem yang hybrid, sehingga bisa diganti kartu apapun sesuai kondisi wilayah, paket dan keuangan yang sesuai dengan anda.

Hal lain yang terkait dengan modem adalah merek- banyak orang yang kemakan merek tertentu. Misalnya merek Pr**ink – yang harganya bisa 3 kali lipat modem cina, padahal saya banyak menemui kualitas koneksinya juga biasa aja, bahkan yang paling parah teman se-ruangan membeli modem hybrid dengan merek itu seharga 575 ribu – ternyata ketika di instal – eh drivernya dan bagian dalemnya merek huawei! Padahal saya beli merek lain hanya seharga 210 ribu dan tidak mengecewakan.

Nah, begitu uraian agak panjang tentang modal awal yang harus anda ketahui, hal ini penting supaya bisnis online anda tidak terganggu hanya gara-gara koneksi.

Ada yang perlu ditanyakan, monggo silahkan ditulis di bawah…

Gambar diambil dari sini