[Bisnis Online Pemula] # 3 : Dari Mana Aja Uang di Internet?

Diposting oleh hmcahyo on Selasa, 05 Juli 2011

Bagi yang awam, sering bertanya, darimana dan giman sih bisa dapat uang dari internet?

Ya, nggak salah pertanyaan itu dan memang seharusnya anda tahu, peluang apa saja yang bisa anda lakukan untuk bisa dapat duit dari internet. Menurut saya secara umum ada dua cara mendapatkan uang di internet.

Pertama, berjualan produk, baik itu produk sendiri, maupun produk orang lain. Produk yang dimaksud bisa berupa barang nyata – yang jika kita membelinya akan dikirim ke alamat fisik kita misalnya saya jualan sepatu bordir. Ada juga barang “maya” atau produk digital, yang bentuknya bisa bisa berupa ebook, atau audiobook, atau bahkan film yang itu tidak harus di kirim via pengiriman konvensional, tapi cukup diberikan hak akses ke situs yang jualan dan kita bisa mengunduh / donwload barang yang kita beli tersebut. Selain barang, bentuk lain dari produk adalah berupa jasa, misalnya, jasa pembuatan website, jasa konsultasi atau jasa pelatihan.

Untuk menjual barang / produk tertentu, TIDAK HARUS barang anda mempunyainya, tetapi anda bisa MENJUALKAN produk orang lain. Dan bisnis ini disebut dengan bisnis afiliasi, atau affiliate marketing (marketer: orangnya). Saya misalnya menjadi afiliate marketer sebuah produk belajar bahasa Inggris, kalo pengen lihat bisa buka link ini http://cepatbicarainggris.tk

Kedua, menjual iklan atau hal-hal yang sejenis. Bahasa gampangnya, anda mempunyai tempat (bisa blog, website) yang disewakan pada mereka yang mau iklan di tempat kita, tentu untuk bisa dipasangi iklan – tingkat kunjungan blog/website anda harus tinggi. Yang paling kesohor untuk kategori ini adalah Google Adsense. “Bisnis iklan ini” dinamakan PPC – pay per click, jadi Anda dibayar berdasarkan orang yang nge-klik iklan yang ada di situs anda.

Selanjutnya ada PPL pay per lead, artinya anda dibayar pemasang iklan jika ada orang yang ngeklik iklan –kemudian orang tersebut membeli barang di situs pengiklan, atau memasukkan data atau download materi tertentu dan seterusnya.

PTC – pay to click, artinya anda dibayar dengan mengklik iklan terterntu

PTR pay to review, kita dibayar berdasarkan “order” dari yang memberi pekerjaan untuk mereview sebuah produk atau apa saja, seperti yang saya lakukan saat ini.

Begitulah secara umum, mungkin masih ada yang lain, misalnya anda bergabung di situ freelancers.com atau di nopolis.com atau fiverr.com untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan sesuai yang anda tawarkan dan kualifikasi yang anda punyai.

Satu hal yang jelas adalah, bahwa apapaun yang anda lakukan untuk mencari uang di internet adalah serius dan FOKUS. Ya begitulah pengalaman pribadi dan banyak orang – ketika kita mencoba banyak hal tetapi sedikit-sedikit dan kemudian pindah ke hal lain jadinya nggak menghasilkan.

Saya pernah bertemu dengan Mas Abdul Shomad – ( dia ini dijulukin – “pakar PTC” – dengan “hanya” ngeklik-ngeklik iklan di situs penyedia iklan www. iDR-Clickit.com dan sejenisnya dia bisa menghasilkan kurang lebih 5 juta pebulan. Tentu perjuangan ini tidak hanya dalam sekejap, dia mengingat untuk setiap klik yang anda lakukan cuman dibayar sekitar 100 rupiah, tetapi dengan teknik tertentu misal memperbanyak downline dan yang lainnya maka bisa menghasilkan uang sebanyak itu.

Begitu juga dengan guru saya Pak Agus Setiawan, mulanya “hanya jualan CD” berisi presentasi ISO, K3 dan sejenisnya yang dia kumpulkan dari berbagai sumber, tetapi hasilnya bisa untuk membeli sebuah rumah. TETAPI sekali lagi, ITU SEMUA DENGAN USAHA KERAS, misalnya dia pertama kali melakukan bisnis itu dia harus online MINIMAL 4 JAM sehari selama SATU BULAN BERTURUT-TURUT dan FOKUS promosi, ngirim email dan menjalankan semua marketing tool yang dia pahami, TIDAK disambi nge-Game, nge-Fesbuk, atau yang lainnya.. dan saya pernah mencoba untuk fokus melakukan satu hal saja selama satu jam, kepala serasa berdenyut-denyut.

Intinya: TIDAK ADA SHORTCUT alias JALAN PINTAS untuk berhasil.

Adalah NONSESE, PEMBOHONG jika TANPA USAHA KERAS dan ONGKANG-ONGKANG anda akan dapat duit banyak dari bsnis online. Karena Bisnis online SAMA dengan bisnis pada umumnya. Kalau ada yang bisa begitu – mari kita berguru bersama-sama kepadanya.

Sekedar refreshing mengenai hal ini silahkan buka situs http://buymystupidebook.com

Begitulah yang saya tahu.

Lantas anda mungkin bertanya, kira-kira apa yang bisa saya lakukan untuk dapat duit secara online?

YAKINLAH, anda bisa “menjual” apapun kemampuan yang anda bisa melalui internet, asalkan anda TAHU CARANYA.

Ya, memang begitu!

Faktanya ada sahabat kita – Mas Akung Krisna – bisa jualan Siomay Online dan sudah berhasil diliput berbagai media nasional. Jujur saja mulanya saya nggak percaya dan nggak habis pikir kok BISA jualan siomay online.

Nah, bagaimana masih mau lanjut?