[Tips Sukses Berburu Kerja] 10 strategi ala Steve Kimball

Diposting oleh hmcahyo on Jumat, 12 Oktober 2012

Ada 10  tips sukses berburu kerja menurut SteveKimball  - dan sedikit dan penjelasannya dari saya



1.      Jaringan, jaringan, jaringan (networks) : saat ini peran jejaring sosial kita menjadi sangat penting, oleh karenanya jangan segan-segan membangun dan melakukan jaringan yang baru, bisa jadi belum berguna untuk saat ini, tetapi bisa berguna untuk masa depan anda.
2.      Kuat resume (strong resume) :  ingat beda sekali antara CV (curriculum vitae) dan resume. CV hanya memaparkan biodata anda, sementara resume lebih banyak bercerita tentang pengalaman kerja dan prestasi yang telah anda capai
3.      Memiliki gagasan yang jelas mengapa Anda mencari pekerjaan dan apa tujuan jangka pendek anda? -  ada orang yang mencari pekerjaan, ada orang yang ingin mencari uang, ada orang yang ingin sekedar menghabiskan waktu daripada nganggur ada orang yang ingin menggapai impiannya dan seterusnya, semakin tahu apa yang anda inginkan dan apa yang ingin anda capai maka semakin baik dan terarah anda dalam mencari peluang kerja.
4.      Memahami dengan jelas tujuang jangka panjang Anda. Apakah tujuan tersebut selaras dengan tujuang jangka pendek Anda? -  nah sekali lagi, anda dalam memilih pekerjaan anda harus membupnyai dan membuat rencana masa depan bagi anda sendiri.
5.      Jangan berpikir negatif. Proses wawancara terkadang lambat dan membuat frustasi. Jangan biarkan hal itu menggoyahkan Anda. – ya, menunggu jawaban dari proses wawancara terkadang cukup lama ada yang bisa memakan waktu lebih dari satu bulan, tetapi memang begitulah proses rekruitmen – kadang butuh beberapa kali seleksi dan pertimbangan dari pemilik usaha/pemberi kerja.
6.      Jangan menjadi tukang titip nama (Don’t be a name dropper) – name dropper adalah : orang  yang suka menyebut-nyebut orang lain yang terkenal atau punya jabatan seolah-olah adalah temannya, hal ini bertujuan untuk menarik simpati dari orang lain demi tujuan tertentu. Hmm ini bisa jadi karena tidak sabar dengan proses yang disebutkan oleh poin yang ke 5.
7.      Simak dan Terlibat: dalam wawancara kerja:  jangan hanya berbicara saja ketika wawancara tetapi simak apa keinginan dari perusahaan (pewawancara) – jangan fokus saja terhadap apa yang anda mau.
8.      Tersenyumlah – jadilah diri sendiri: apapun yang terjadi tetaplah optimis dan selalu berpikir positif.
9.      Jujurlah. Jangan mencoba untuk menjawab pertanyaan wawancara dengan jawaban yang diinginkan oleh pewawancara tetapi tidak sesuai dengan kopetensi anda atau dengan kemampuan anda. Jadilah diri sendiri dan jujurlah selalu. Jangan terlalu berlebihan memaparkan diri anda.
10.  Saat Penutupan Wawancara kerja: tanyalah pada pewawancara anda, apakah hal-hal yang perlu anda perbaiki dalam jawaban atau yang menyangkut lamaran kerja anda.


Selamat berburu kerja!

gambar diambil dari sini