[Bisnis Online Pemula # 8] Mau Jualan Apa?

Diposting oleh hmcahyo on Kamis, 11 Oktober 2012

Setiap kali saya mengajari atau membuat tutorial tentang binis online, pasti ada yang bertanya baik terang-terangan maupun via inbox dengan pertanyaan: “Masalahnya saya mau jualan apa? Saya tidak punya yang bisa dijual!”


Sebelum saya membahas lebih lanjut ada baiknya anda membaca tulisan saya sebelumnya, (1) Memulai dari mana?  dan (2) Beberapa Sumber penghasilan dari Internet 

Setelah anda membaca dua artikel di atas, saya hanya ingin menegaskan sekali lagi bahwa untuk memulai bisnis online bagi pemula perlu dipertimbangkan hal-hal berikut:

(1) Anda harus paham apa yang anda sukai untuk dilakukan, ini penting karena kalau anda tidak menyukai apa yang anda lakukan pasti hasilnya tidak akan maksimal.

(2) Nothing to lose: tak ada salahnya anda mencoba, saya memulai bisnis online juga dengan coba-coba, ternyata kok ada yang pesan, ya akhir diteruskan. Nah oleh karenanya hal yang sering saya tekankan adalah pakailah hal-hal yang gratisan dulu - blog gratis, email gratis, facebook, iklan gratis dan seterusnya, toh anda hanya butuh keluar tenaga dan biaya internet – kata guru saya, sudah gak jamannya punya akun facebook (punya akses internet) tapi tidak menghasilkan uang.

(3) Motivasi mendapatkan penghasilan: ini juga penting, kalau anda hanya mencoba-coba tetapi tidak ada motivasi mendapatkan penghasilan, entah itu sebagai sumber utama penghasilan atau sekedar sampingan, maka anda tidak akan serius mengurus bisnis anda.

Baiklah, sekarang saya ingin menjawab pertanyaan yang jadi judul tulisan ini.
“Mau jualan apa?”
Maka jawabnya adalah:
“SEMUA BISA DIJUAL di INTERNET!”
Ya, semua bisa dijual, bahkan sampai mulai yang bentuknya barang, seperti sepatu, busana, gadget. Atau berbentuk makanan, seperti Siomay Onlen (SOL), sambel pecel, rendang, srundeng, kerupuk, nugget, bakso atau juga jasa, seperti penulisan artikel (ghost writer), jasa konsultasi sampai paranormal/pesugihan.
Nah agar lebih jelasnya saya sebutkan beberapa bisnis “yang mungkin tidak umum” yang (pernah) di internet.
  • batu pengganjal pintu yang dilukis - dilakukan oleh seorang anak amerika
  • kartu ucapan
  • resep membuat selai tanpa gula
  • jasa memberikan komentar dan predikat member di kaskus
  • macam-macam produk durian
  • tanaman (bibit dan tanaman jadi)
  • minyak rambut tradisional
  • ayam aduan
  • lukisan wajah
  • jual meja lipat
  • kartu nama
  • replika kapal dalam botol
  • penyekat ruangan (sketsel)
  • kelinci hias
  • naskah pidato
  • dan masih banyak lagi,
Tantangannya sekarang,

CARI HOBI atau KEGIATAN yang ANDA SUKAI – dan JUAL itu di internet


*************
Referensi :
Video anak-anak kecil dan remaja yang sukses dari bisnis internet




Gambar diambil dari sini