[Panduan Berburu Kerja] # 6: Keterampilan Praktis # 2

Diposting oleh hmcahyo on Selasa, 11 September 2012

Setelah keterampilan bahasa asing, lalu keterampilan apalagi yang perlu kalian kuasai?

Komputer . Ya, ini keterampilan yang saya kira harus kalian kuasai saat ini, aneh sekali bila jaman sekarang nggak bisa mengoperasikan komputer. Toh mengoperasikan komputer tidak lebih sulit dari mengoperasikan Hape (teleponseluler). Nah makanya kalian kudu belajar dan menguasainya.

Kalau belum bisa?

Mesti kursus dong?

Gak perlu kursus, saya aja nggak pernah kursus untuk belajar komputer, cukup nyari buku panduannya (bisa gratis dari internet dan belajar di rumah kalau sudah punya komputer atau di rental juga murah)


Lantas apa saja keterampilan yang terkait dengan komputer yang harus dikuasai?

Pertama, keterampilan dasar meliputi penguasaan menjalankan sistem operasi dasar – karena yang paling populer Windows maka kalian harus menguasainya hal-hal yang utama, seperti melakukan pengelolaan berkas (file), folder, dan sejenisnya. Bagaimana menyalin (copy) file dari dan ke USB/CD, mengubah namanya. Membuat folder, mencari file yang terselip (lupa tempatnya) dan seterusnya. Keterampilan ini sangat penting, jangan sampai gara-gara lupa menyimpan sebuah dokumen yang sudah kalian ketik dengan susah payah, hanya gara-gara lupa disimpan di folder mana kalian mengetik lagi!

kedua Selanjutnya adalah penguasaan program aplikasi perkantoran yang meliputi: program aplikasi pengolah kata (word processor) yang umum adalah Microsoft Word atau OpenOffice Write , hitungan (spread sheet) Seperti MS Excel atau Open Office Calc, dan presentasi seperti MS Power Point atau Open Office Impress. Sekali lagi kalau ingin memperdalam pengetahuan itu dengan cara yang murah cukup pergi ke rental cari di internet dan praktikkan. Penguasaan ketiga aplikasi perkantoran dasar ini saya kira hal yang sangat penting. Ingat kalian tidak harus ahli – walaupun kalau bisa seperti itu malah lebih baik – tetapi paling tidak keterampilan dasar seperti cara menata dokumen yang baik dan benar sesuai ukuran kertasnya, membuat tampilan surat dan dokumen rapi dan seterusnya , mencetaknya dengan ukuran yang tepat hal itu merupakan keperluan mendasar dari sebuah pekerjaan kantor yang harus kalian kuasai. Jangan sampai untuk mencetak saja kalian minta tolong orang lain.

Ketiga Penguasaan mengetik cepat – lebih baik lagi jika bisa dengan metode Sepuluh jari. Dengan keterampilan ini maka akan mempercepat pekerjaan kalian dalam hal tulis menulis di komputer. Sekali lagi manfaatkan yang murah untuk belajar ini , bisa melalui situs internet seperti di TypingWeb.com atau bisa dengan software (perangkat lunak) Typekid yang bisa unduh (donwload) di sini

Keempat Penguasaan tambahan yang penting dan termasuk pendukung adalah menguasai program aplikasi seperti program desktop publishing (seperti pengolah gambar, grafik dan desain), memang ini membutuhkan keahlian dan pengalaman tetapi jika kalian bisa maka akan menjadi nilai plus yang sangat berguna bagi perkembangan pengetahuan dan karir kalian.

kelima keterampilan trouble shooting ringan (pengenalan masalah terhadap gangguan yang terjadi pada komputer) memang ini agak teknis, tetapi kalau kalian bisa akan semakin baik. Jadi jangan sampai karena printer gak bisa jalan gara-gara habis tintanya kalian harus mecari bantuan orang lain atau memanggil teknisi komputer dari dealer/bengkel, yang tentu saja harus mengeluarkan ongkos, atau komputer kalian tidak bisa jalan karena kabel yang ke CPU belum terpasang pada tempatnya.. atau tidak tahu cara menggunakan program antivirus dan membersihkan berkas yang terkena virus – padahal disana ada antivirusnya.

bersambung – insyaAllah

*********
gambar diambil dari sini