[Panduan Berburu Kerja] # 6: Keterampilan Praktis # 3

Diposting oleh hmcahyo on Selasa, 11 September 2012

Keenam , keahlian lain yang masih ada hubungannya dengan komputer adalah pengetahuan tentang internet dan penggunaannya. Ada beberapa keterampilan dasar tentang internet yang harus kalian ketahui yaitu: browsing, ini adalah kemampuan untuk mencari dan memanfaatkan sumber informasi di internet, so Jangan sampe kaian nggak tahu apa itu Yahoo , Google dan Wikipedia.


Selanjutnya adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail), paling tidak kemampuan dasar bagaimana melampirkan berkas/dokumen berupa foto, ketikan, atau yang lainnya. Apalagi kalau kalian bisa memanfaatkan dengan optimal email ini maka bisa kalian gunakan untuk menggali informasi dari diskusi-diskusi online yang memanfaatkan email, seperti langganan buletin, mengikuti mailinglist (diskusi topik-topik tertentu sesuai dengan keingan kalian),

Selain browsing dan email, yang juga penting adalah keterampilan menggunakan program aplikasi instan mesengger (pengirim pesan instan) seperti yang populer Yahoo Messenger, Google Talk, dan yang sekarang paling populer adalah penggunaan Internet Protocol (IP) telephone – seperti SKYPE.

Selain itu, kalian juga harus paham dan tahu bagaimana memanfaatkan media jaringan sosial (social networking) semacam Facebook , Twitter dengan baik. Jaringan sosial ini jika dimanfaatkan dengan baik bisa dijadikan alat untuk mendukung kesuksesan dan keberhasilan dalam karir dan usaha kita. Bahkan banyak orang-orang yang justri menjadikan jaringan sosial yang ada sebagai alat penting bagi pekerjaan mereka.

Terakhir, ini yang sekarang cukup marak dan sebagian besar orang hanya memanfaatkannya sebagai sekedar hobi – akan tetapi kalau kita mau, dengan aktivitas dan keterampilan ini kalian malah bisa memperluas jejering kalian dan bahkan bisa menjadikan profesi atau Cuma sekedar menambah penghasilan sampingan kalian. Apa itu?

Blogging sebuah keterampilan untuk membuat tulisan yang diterbitkan di weblog (blog) atau situs pribadi atau juga dalam catatan (note) Facebook – semacam buku harian online yang bisa diakses siapa saya di seluruh dunia.

Dengan menjadi blogger (orang yang punya aktivitas ngeblog) kalian akan melatih banyak keterampilan;
pertama adalah keterampilan untuk menuliskan gagasan. Ini adalah keterampilan yang cukup penting saat ini. Orang yang pandai atau ahli dan dia bisa menjelaskannya secara lisan keahliannya tersebut kepada orang lain maka kepandaiannya akan banyak membawa manfaat bagi orang lain, terutama orang yang berinteraksi dengannya. Tetapi dengan dia mampu mengungkapkan secara tulisan, maka tidak hanya orang-orang disekitarnya yang akan mendapatkan manfaat bahkan bisa jadi orang-orang yang hidup sesudahnya masih bisa mengambil manfaatnya.

kedua karena aktivitas blogging erat kaitannya dengan poin pertama – menulis, maka dibutuhkan membaca dalam arti yang luas, baik membaca tulisan dan membaca kejadian-kejadian disekitar kita dan kemudian menelaahnya untuk dijadikan bahan tulisan. Tentu ini sebuah keterampilan yang sangat penting, karena kita akan berlatih menganalisa sebuah permasalahan dan yang lebih menguntungkan lagi kita akan biasaa berfikir sebelum bertindak.

Contoh sederhanya begini, jika kalian hendak menuliskan suatu pengalaman kalian saat liburan dalam blog atau catatan di Facebook, maka mau tidak mau kalian akan memikirkan poin-poin apa yang harus dituliskan, maka yang akan ditonjolkkan agar menarik dibaca, mana yang akan dibuang (tidak ditampilkan), bagaimana menyampaikan secara runtut agar orang paham yang kita tuliskan, dan seterusnya

Jika keterampilan analisis dantersebut dibiasakan tentu sangat berguna dalam menghadapi permasalahan dalam dunia kerja.

Ketiga dengan nge-blog, maka keterampilan kalian dalam menggunakan program komputer semakin banyak dipakai – dimanfaatkan, paling tidak kalian akan menggunakan beberapa program seperti pengolah kata, peramban internet (browser), dan bahkan juga harus memanfaatkan program pengolah gambar (mengubah, memperkecil, atau memotong foto / gambar,) untuk mendukung apa yang kita sampaikan dalam tulisan. Salah seorang teman saya malah sering menulis apa yang akan dia tampilan di blog/facebook dengan menggunakan program desktop publishing seperti PageMaker atau InDesign, hal ini dia lakukan karena selalu mengumpulkan tulisannya untuk menjadi sebuah buku sehingga jika semua tulisan sudah terkumpul tinggal menyesuaikan beberapa bagian saja dan sangat menghemat waktu.

Selain tiga keterampilan di atas, masih banyak keterampilan lain yang akan kita pelajari jika kita menjadikan aktivitas blogging sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pengembangan diri kita.

Pengalaman saya menjadi blogger, banyak sekali misalnya; mendapat teman-teman yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Seperti seorang pimpinan sebuah koran di kota saya dan beliau sangat berpengalaman dibidang jurnalistik sehingga saya dapat belajar banyak hal kepadanya, mendapat tawaran menulis bareng dengan penulis best-seller dari Jogja. Mendapatkan teman dari Medan dan Batam yang mengajari saya membuat tampilan blog yang baik. Mendapat teman yang ahli dalam bidang pengembangan kepribadian dan masih banyak yang lainnya.

Nah, kenapa kalian tidak nge-blog?

****
Gambar dari sini